8 Langkah Membangun Bisnis online, Kurang Dari 3 Jam Saja

8 Langkah Membangun Bisnis online, Kurang Dari 3 Jam Saja

bangun bisnis online

Sebelumnya materi ini adalah sharing dari seorang Pakar Bisnis, Denny Santoso, founder dari DuniaFitnes.com, Supplier.id dan DigitalMarketer.id.
Materi ini disharingkan pertama kali di grup SHARINGBISNIS di Grup Telegram.

1. Tentukan 1 Big Problem dari persona Anda

Jadi ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis, jangan memulainya dari produk apa yang ingin Anda jual, itu terbalik. Tentukan dulu dari siapa customer Anda. Karena bisnis Anda ditentukan oleh customer Anda, bukan dari produk Anda.

Ingat Apple. Dulu nama perusahannya adalah Apple Computer, ketika itu dia berfokus pada produk. Saat ini dia telah berubah menjadi Apple Inc, karena dia tidak mau fokusnya di komputer, tetapi ke audience/personanya, yaitu young, tech, early adopter, cool. Dan dia jualan juga bukan komputer aja, tetapi udah watch, apple tv, bahkan rumornya akan ada apple car.

Jadi fokusnya adalah tentukan siapa persona Anda dengan detail, Pain Problem dia apa? Objection dia apa? Goal dia apa?

2. Create A Solution (Core Offer)
Create solution yang bisa membawa si persona ini dari kondisinya saat ini, menuju kondisi yang diinginkan. Misalnya dari orang gemuk mau kurus. Dia butuh suplemen pembakar lemak, dia butuh membership gym, kalau tidak gym, dia butuh alat untuk latihan di rumah. Dia butuh personal trainer, karena kalau tidak pernah tahu cara latihan, maka tanpa ada yang mengajarkan, jelas tidak akan bisa. Ini core offer, complete product, tapi cukup diketahui dulu saja.

3. Tripwire (Menawarkan Produk/Jasa lain yg mendukung main Produk yg lebih murah)
Buat irisan kecil dari core offer tersebut. Disebut sebagai Tripwire. Bagian kecil dari core offer yang bisa ditawarkan dengan harga termurah tetapi masih memiliki nilai jual. Misalnya dokter gigi, bisa menawarkan tripwire berupa pembersihan karang gigi, dengan biaya murah, 50 ribu saja. Misalnya klinik kecantikan, bisa menawarkan proses masker atau apapun  yang murah.

Goal tripwire adalah meningkatkan trust, karena orang ketika keluar uang, artinya dia trust. Makanya pakai yang murah terlebih dahulu.

4. Berikan Panduan yg mereka butuhkan secara GRATIS.
Ambil bagian lebih kecil dari spliter offer tersebut dan give it for free. Lebih baik bentuknya panduan, cheat sheet tentang cara handle something yang berkaitan dengan problem di point no 1. Misalnya 5 gerakan olahraga ini terbukti paling cepat untuk menurunkan lemak di pinggang, Goalnya adalah memberikan ini semua sebagai sebuah Lead Magnet. Lead = Prospek. Jadi magnetnya prospek, Jadi ini sebagai hadiah, ketika mereka memberikan nama dan emailnya ke kita.

Misalnya Anda adalah properti developer, dan untuk menjaring para konsumen properti investor, Lead Magnetnya ini bisa berupa, 5 Apartment terbaik 2016 untuk di invest dalam waktu short term. Atau misalnya, 7 Panduan Perpajakan untuk Investor Property. Something like that, itu harus gratis. Kalau ecommerce, Anda bisa berikan coupon discount, tetapi ditukar dengan email, seperti yang dilakuan di ecommerce2 besar pada umumnya.

5. Mudahkan Penjualan dengan Landing Page.
Buat sebuah landing page (Anda harus menyelesaikan ini dalam waktu 15-30 menit). Kalau Anda membuat landing page membutuhkan waktu seminggu, berarti system Anda yang harus diperbaiki, karena proses itu harus selesai dalam waktu 30 menitan.

6. Pentingnya Autoresponder bagi mereka yang INTEREST.
Buat Autoresponder, ini proses untuk memfollow up orang yang sudah mendaftar. Jadi prosesnya begini, Orang datang ke website Anda pada Landing Page Anda, contohnya misalnya ini: http://special.digitalmarketer.id/strategi-digital-marketing, sebuah halaman yang di desain dengan 1 tujuan, yaitu orang subscribe atau buy kalau workshop  taruh seperti ini: http://workshop.digitalmarketer.id/digital-marketing , jadi 1 goal dan jangan kebanyakan link disana, tujuan kita adalah supaya orang join, subscribe. Ini  juga contoh lagi lead magnet --> www.panduandiet.com. Setelah orang join di landing page, maka harus ada email yang bisa melakukan follow up. Karena join di landing page kita, artinya mereka menunjukkan adanya INTEREST.

Autoresponder adalah email berseri yang dikirimkan ke prospek untuk membawa prospek yang baru saja download gratisan miliki kita, supaya dia tertarik dan membeli tripwire kita pada poin no 3 tadi. Prosesnya sama seperti itu juga, nanti setelah diprospek di tripwire, maka kita tawarkan core offernya poin no 2.

Jadi the whole proses itu kayak orang pacaran. Dari LeadMagnet (LM), ke TripWire (TW) dan Core Offer (CO). Kayak orang kenalan, minta no telpon, lalu ajak ngopi (small commitment), baru ajak dinner (bigger commitment). Kalau baru kenal, terus langsung ajak dinner kan aneh banget kan.

7. Arahkan dari Landing Page ke Akun Social Media Anda.
Post link dari landing page Anda ke Facebook, dari situ Anda bisa uji coba copywriting Anda dengan judul-judul tertentu, maka postingan Anda bisa terlihat, apakah disukai banyak orang atau tidak link boleh sama, tetapi copywriting diubah-ubah, supaya kita bisa cek, mana jenis headline yang lebih disukai oleh audience kita. Anda bisa bereksperimen menggunakan tipe Gain misalnya, tunjukkan benefit apa saja setelah download LM Anda.
Atau tipe Pain, misalnya apa yang akan mereka lewatkan kalau tidak download dari Anda. Nanti setelah beberapa waktu, Anda bisa lihat di bagian Insight, dari Fb Pages Anda, bisa keliatan yang mana postingan Anda yang disukai oleh banyak orang, terlihat biasanya reachnya bisa besar sendiri

8. Terakhir, Iklankan Bisnis Anda.
Memilih yang postingan besar tersebut untuk di iklankan. Tetapi kalau Anda sudah terbiasa dengan copywriting dan kenal dengan Audience Anda, maka proses no 7 di atas bisa instant. Jadi step 8 ini adalah untuk mencoba membawa traffic lebih besar ke penawaran Anda.

Anda tentu akan senang ketika hanya menghabiskan 50 ribu untuk step no 8, dan dapat profit 2jutaan seperti study case Mas Denny. http://special.digitalmarketer.id/lp-instagram-ebook  <-- ini budget ads-nya 50 ribu dan dalam 1 minggu, nett profit-nya 2juta. Untuk membuat landing page cepat, Mas Denny menggunakan Lead Pages (http://9nl.es/DMID-LeadPages). Dan untuk Autoresponder Mas Denny menggunakan Infusionsoft.com, ini the best, bahkan diluar negeri pun, para big player, pakainya ini semua.

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *