Ada Apa Dengan Buku Anda?

Ada Apa Dengan Buku Anda?

Selasa, 17 Mei 2016 Keuangan Bisnis Comments
keuangan bisnis

Ada apa dengan buku Anda? Karena sekarang lagi trending mengenai sekuel film ada apa dengan cinta, maka coba kita bahas pembukuan (istilah kerennya laporan keuangan) dengan gaya-gaya AADC2.

Laporan keuangan bercerita banyak hal tentang bisnis Anda. Laporan keuangan (atau buku) seperti buku raport usaha Anda. Cerita tentang usaha Anda bisa dijadikan dasar analisa pengambilan keputusan untuk bisnis Anda kedepan. Mari kita mulai dengan yang mudah dahulu.

1. Neraca
Neraca atau bahasa jawanya Balance Sheet merupakan potret pada periode tertentu usaha Anda. Pasti nilainya selalu balance atau seimbang. Seimbang antara apa? Aktiva (harta) dan Pasiva (hutang + modal).

Cerita apa yang bisanya didapatkan dari neraca keuangan buku usaha Anda? Kita bisa lihat dari posisi saldo kas dan bank Anda. Posisi persediaan Anda (apabila usaha anda perdagangan) dan aset lancar lainnya.

Semakin likuid atau mudah berputar aset Anda, maka semakin kuat usaha Anda menghadapi kondisi ekonomi yang kurang bersahabat bagi orang yang berusaha. Contoh kondisi saat ini di Indonesia, banyak perusahaan yang gulung tikar karena posisi cadangan kas dan banknya tipis untuk membayarkan biaya operasional yang sudah terlanjur besar.

2. Laba Rugi
Ini bahasa sundanya Profit & Loss. Pasti sudah tahu donk ya, profit artinya untung dan loss artinya rugi. Banyak sekali orang usaha kecampur istilah ini dengan laporan cashflow atau arus kas.

Kenapa tercampur? Karena yang dicatat sebatas cash basis atau metode pencatatan yang didasarkan dari pengeluaran dan pemasukan dari kas. Jadi biasanya tidak memperhitungkan penyusutan aset dan biasanya melonjak-lonjak untuk profit atau loss nya tiap bulan didasarkan atas belanja yang bertumpuk di suatu bulan.

Nah, cerita apa yang biasa kita dapat disini? Yang paling mudah adalah berapa keuntungan kita dari total penjualan. Namanya persen margin. Ada persen margin atas nett profit (keuntungan dibagi oleh total penjualan) dan ada gross profit margin (keuntungan kotor dibagi oleh total penjualan).
Analisa yang didapat akan membuat kita mengerti apakah usaha yang kita jalankan itu sehat atau tidak . Apakah biaya rutin kita bisa ditutupi oleh laba kotor kita atau tidak.

Menarik bukan? Nantikan artikel berikutnya untuk analisa-analisa lebih lanjut dari laporan keuangan Anda. Jadi pertanyaannya, ada apa dengan buku Anda?

Related Posts

  • Ada Apa Dengan Buku Anda? Selasa, 17 Mei 2016
  • Anda Kepo Ga Sih dengan Bisnis Sendiri? Rabu, 22 Juni 2016
  • Mau Tahu Cara Akselerasi Bisnismu? Jum'at, 24 Juni 2016
  • Comments. Leave new

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *