Anda Pasti Melakukan T.O.T.E Tanpa Anda Sadari

Anda Pasti Melakukan T.O.T.E Tanpa Anda Sadari

Kamis, 14 Juli 2016 Starting Bisnis Comments
test observe test exit

Beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk ikut dalam salah satu training Digital Marketing yang saya niatkan untuk bisa mempercepat pertumbuhan bisnis saya saat ini. Training selama 2 hari tersebut sangat aplikatif hingga benar-benar membuka jalan pikiran baru untuk saya dan tim. 

Nah, ada satu materi dasar yang menarik bagi saya. Semua orang, termasuk saya dan anda, pasti telah melakukan ini tanpa disadari. Di dalam kelas training, kami menyebutkan T.O.T.E

T.O.T.E - bila dijabarkan menjadi 
Test Observe Test Exit

Apa ini?

Ada analogi sederhana yang bisa Anda bayangkan. Bila Anda akan mandi dengan shower, hal mana yang lazim Anda lakukan?
1. Anda langsung berdiri di bawah shower lalu menyalakan kran air?
2. Anda membuka kran air nya terlebih dahulu dan merasakan air yang keluar sudah cukup panas / dingin sesuai yang Anda inginkan?

Normalnya saya & Anda akan melakukan hal yang kedua. Tes dulu airnya, sudah sesuai atau belum. Bila belum maka sesuaikan lagi, baru Anda akan mandi di bawah shower tersebut. Nah, inilah T.O.T.E di kehidupan sehari-hari.

Saya kira T.O.T.E ini model umum yang bisa digunakan dalam berbagai aktivitas, termasuk aktivitas bisnis. Perlu contoh? 

Bila Anda baru ingin memulai bisnis, biasanya Anda akan menghitung resiko terkecil yang mungkin Anda akan dapatkan bila nanti gagal atau bangkrut. 

Pilihan yang banyak diambil biasanya menjadi reseller dulu untuk sebuah produk yang sedang booming. Misal menjual website di Webpraktis.com, Anda tidak memerlukan modal besar hanya biaya pendaftaran yang kurang dari 200ribu rupiah (TEST)

Langkah selanjutnya Anda menawarkan produk tersebut ke lingkungan sekitar Anda yang sudah Anda kenal karena biasanya lebih mudah karena sudah tahu & percaya ke Anda (OBSERVE)

Bila sudah ada produk yang laku terjual, normalnya Anda akan ketagihan untuk terus dan terus menjualkan produk tersebut dalam jumlah yang lebih besar, wong gak perlu modal juga. 

Tetapi biasanya (TEST) yang Anda lakukan saat ini sudah lebih siap dengan pengetahuan. Pengetahuan ini bisa Anda dapat misal dengan membaca buku Reseller Jago Jualan, atau mengikuti berbagai seminar atau workshop bisnis untuk mendukung agar omzet penjualan website yang Anda lakukan semakin naik lagi. 

Setelah melakukan beberapa tes, Anda akan menemukan pola jualan mana yang paling baik & membuat income Anda terus meningkat (EXIT).

Jadi lakukanlah T.O.T.E untuk mendapatkan hasil yang terbaik di bisnis Anda, bila memang ada biaya yang harus dikeluarkan jadikanlah itu sebagai sebuah investasi yang harus Anda kembalikan berkali lipat melalui strategi yang Anda susun & lakukan. 

Pengusaha besar berani untuk melakukan pay to play tanpa terus bergantung pada yang sifatnya gratisan karena pasti akan ada banyak keterbatasan & menjadi tidak maksimal. Di kesempatan selanjutnya saya akan cerita lebih banyak terkait konsep pay to play ini dan berbagai pembelajaran menarik lainnya yang semoga bermanfaat bagi Anda yang telah meluangkan waktu membacanya. Anda juga bisa bergabung di FB Group http://bit.ly/GroupBelajarBisnis untuk mendapatkan artikel bisnis lainnya. 


Tetap lapar. Tetap bodoh.
@nikynathaniel

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *