Apakah Usaha yang Modal Dananya Besar Pasti Sukses?

Apakah Usaha yang Modal Dananya Besar Pasti Sukses?

Rabu, 10 Agustus 2016 Starting Bisnis Comments
Apakah Usaha yang Modal Dananya Besar Pasti Sukses?

Ini pertanyaan menarik. Kenapa? Karena kalau dilihat contoh-contoh belakangan ini usaha startups yang sukses (artinya bertumbuh secara cepat dalam waktu yang sesingkat-singkatnya) merupakan usaha yang diguyur dana secara besar-besaran.

Nah, kalau hipotesanya seperti itu? Apakah usaha yang modal dananya pas-pas-an belum tentu sukses? He3.. mari kita coba telaah kembali ya.

Dana atau capital merupakan salah satu modal yang dibutuhkan untuk ramuan kesuksesan suatu usaha. Ada modal yang lain kalau kita bisa bahas disini. Modal tersebut adalah tim, ide bisnis dan momentum atau timing.

Terkadang, orang awam di luar pemilik usaha, hanya memikirkan atau mengerti dari pemberitaan media mengenai turunnya modal dari pemodal ventura kepada startups X atau startups Y sebesar X USD dan seterusnya. Padahal, kalau perusahan yang lainpun juga mendapatkan pendanaan dari pihak lain tetapi seringkali tidak diekspos.

Poin yang mau disampaikan disini adalah campuran dari beberapa komponen kesuksesan suatu usaha tidak hanya ditentukan oleh besarnya dana yang diberikan oleh pemodal. Bahkan seringkali, besaran dana dari pemodal itu diberikan karena ada kebutuhan atas kecepatan usaha tersebut berjalan. Tidak percaya? Yuk kita coba analisa.

Ambilah Go-Jek. Startups aseli Indonesia ini merupakan suatu contoh yang bisa kita analisa. Gojek hasil karya Mas Nadiem, merupakan solusi transportasi berbasis teknologi yang menyentuh masyarakat semua golongan terutama di Jakarta pada awalnya.

Denger-denger, Mas Nadiem sudah memulai Gojek pada awalnya dengan sekian unit motor dan punya karyawan gojek sendiri. Tetapi bisnis model itu tidak berjalan dengan harapan. Lalu dikesampingkan di bisnis startups yang lain (just info, Mas Nadiem ini denger-denger punya banyak perusahaan startups).

Nah, momentum datang (tidak dengan tiba-tiba ya, jadi inget lagunya Mba Maudy Ayunda) ke Gojek. Saat momentum datang inilah traksi (atau percepatan) atas bisnis Gojek menjadi seperti saat ini. Fund raise (mencari investor) dan meningkatkan skala bisnis menjadi sebesar sekarang.

Saya pun demikian. Pernah satu momentum bisnis yang kami pernah alami adalah, disaat masuk ke bisnis yang memang belum booming, kemudian booming luar biasa. Menjadikan kita yang terdepan (seperti Yamaha) diantara pemain yang lain.

Kesimpulannya adalah kita tidak pernah tahu momentum atau percepatan rejeki itu datang. Tuhan yang menentukan? Bisa jadi. Tetapi kita sebagai pelaku usaha, memang harus jeli membaca peluang dan peluang. Saya sebut dua kali kenapa? Karena disitulah wealth atau kekayaan tersembunyi. Bukan hanya buat usaha dengan modal yang super besar menjadikan suatu usaha sukses, tetapi chemistry dan formula khusus itu rahasianya.

Jangan lupa di share ya, supaya makin banyak yang dapat ilmunya. Anda juga dapat mengikuti forum bisnis di FB Group Http://bit.ly/GroupBelajarBisnis. Maju terus teman-teman UKM! 


Purwandaru
Founder SmartCounting
Specializes in financial, accounting and management consulting

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *