Bagaimana Merekrut 100 Reseller Pertama Anda

Bagaimana Merekrut 100 Reseller Pertama Anda

Rabu, 20 Juli 2016 Strategi Bisnis Comments
Bagaimana Merekrut 100 Reseller Pertama Anda

Banyak teman-teman pebisnis yang japri ke saya bertanya bagaimana sih bisa punya reseller yang banyak? Bagaimana caranya merekrut reseller? Gimana step by stepnya? Saking semangatnya nanya tentang ini, 3 hari lalu sampai ada seorang pebisnis yang bela-belain ke kantor Ednovate buat konsultasi cara rekrut reseller hehe.

Karena banyak yang minta saya share tentang ini, saya coba buat ulasannya. Materi ini lengkapnya ada dalam bentuk Materi Video di Program Kelas Pengusaha. Per besok sudah bisa diakses ya buat yang sudah daftar 

Okeeehh, saya mulai ya sharingnya:

LANGKAH 1: BUAT LIST KEUNTUNGAN JOIN RESELLER

Orang mau join jadi reseller Anda karena ada kelebihan atau keuntungan. Nah disini Anda perlu membuat list keuntungan jika join jadi reseller. Misalnya komisi produk tinggi, produknya mudah dijual, tidak perlu stok barang, repeat order tinggi, dibimbing jualan hingga bisa, barang tahan lama, de el el. Intinya perlu dibuat list apa-apa saja keuntungan jadi reseller Anda.

LANGKAH 2: BUAT POSTER / BC REKRUTMEN

Setelah keuntungan jadi reseller sudah Anda buat, Langkah berikutnya adalah mulai menyiapkan materi promo rekrutmen. Materi ini berisi tentang peluang bisnis menjadi Reseller Anda. Nah keuntungan dari list yang Anda buat tadi WAJIB dimasukan ke materi ini. Materi rekrutmen ini bisa dalam bentuk poster maupun BC.

LANGKAH 3: REKRUT TEMAN-TEMAN TERDEKAT ANDA

List keuntungan sudah siap, poster dan materi promo sudah siap. Langkah ketiga ini adalah memulai untuk merekrut. Mulai dari mana ya mas? Mulai dari teman-teman terdekat Anda, mulai dari orang-orang yang Anda kenal. Anda bisa tawarkan mereka untuk bergabung menjadi reseller Anda

LANGKAH 4: REKRUT PELANGGAN ANDA

Langkah keempat yang bisa Anda lakukan adalah merekrut reseller Anda dari pelanggan Anda. Maksudnya bagaimana? Begini maksudnya, Anda menawarkan pelanggan Anda untuk menjadi reseller produk Anda. Teknik ini ampuh lho untuk meningkatkan penjualan Anda. Sebab pelanggan kita adalah orang yang sudah pernah merasakan produk sehingga ketika menjadi reseller, dia akan lebih mudah menceritakan kelebihan produk yang dijual

LANGKAH 5: SEBAR INFO REKRUTMEN DI MEDIA SOSIAL ANDA

Langkah kelima yang bisa Anda lakukan adalah mulai menyebarkan informasi rekrutmen reseller di media sosial. Anda bisa menggunakan facebook pribadi Anda, Instagram, BBM, blusukan di WA grup pebisnis dan banyak lagi. Gunakan media social untuk menyebarkan info peluang bisnis Anda. Intinya menyebarkan informasi rekrutmen ke media yang lebih luas. 


Setelah kelima hal Anda siapkan, berikutnya coba Anda buat target similasi agar bisa merekrut 100 reseller pertama Anda. Saya sudah coba buat simulasinya sebagai berikut.

Berikut ini simulai targetnya:
- Dari pelanggan yang kita tawarkan (20 reseller)
- Dari teman yang kita kenal (25 reseller)
- Dari facebook pribadi (20 reseller)
- Dari facebook grup promosi (10 reseller)
- Dari Instagram (10 reseller)
- Dari WA, BBM Broadcast (15 reseller)

Dari simulasi diatas Anda bisa membuat target 100 reseller pertama Anda ingin diperoleh dari mana saja. Kuncinya bukan di angka 100 nya, tapi mulai buat target dan mulai serius untuk merekrut.

Ohiya jangan lupa sebelum rekrutmen dilakukan, Anda sudah menentukan produk apa yang akan diresellerkan dan tentu komisinya. Baru setelah itu bisa mulai merekrut.

Satu lagi, langkah rekrutmen barulah awal permulaan. Selanjutnnya Anda perlu memikirkan dan menolong para Reseller Anda untuk bisa jualan. Ini menjadi hal yang sangat penting lho, jangan sampai punya banyak reseller, tapi resellernya ga bisa jualan, ga ngerti cara jualan.

Nanti tentang panduan lengkap supaya Reseller bisa jago jualan, akan saya share di beberapa materi kedepan. Materinya akan saya ambil dari calon buku ke 2 saya di Reseller Jago Jualan, panduan lengkap jago jualan untuk reseller, semoga bisa membantu banyak pebisnis dan reseller untuk meningkatkan skill jualan nantinya.

Nah sekarang balik lagi ke kendala teman-teman saat merekrut reseller. Yuk mulai menyiapkan langkah demi langkah diatas. Ga perlu ribet-ribet, ga perlu sempurna dulu untuk segera mulai. Yang penting coba dulu, mulai dulu, nanti disempurnakan sambil jalan. Intinya mulailah pelan-pelan rekrut reseller Anda. Ga harus langsung 100 gapapa. Kalo bisa langsung 100 mah bagus, tapi yang penting adalah MULAI MEREKRUT. 

Kalau materi ini bermanfaat, silakan dishare ya. Jangan lupa untuk join FB Group Http://bit.ly/GroupBelajarBisnis untuk mendapatkan materi bisnis lainnya.

Hermas Puspito
Founder Ednovate & Webpraktis

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *