Benarkah Menjadi Pengusaha Mendapatkan Kebebasan Waktu?

Benarkah Menjadi Pengusaha Mendapatkan Kebebasan Waktu?

Selasa, 17 Mei 2016 Starting Bisnis Comments
pengusaha bebas waktu

"Saya ingin jadi pengusaha aja ah supaya waktunya bebas, bisa kerja darimana saja, dan tidak dimarahi oleh bos" ujar salah satu karyawan swasta di perusahaan multinasional di Jakarta.

Seringkali kita mendengar dari orang lain bahwa menjadi pengusaha itu akan memiliki lebih banyak kebebasan waktu. Hal ini tentunya merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rekan-rekan ingin resign dari pekerjaannya dan mencoba membangun bisnis sendiri.

Benarkah demikian? Jawabannya adalah justru dengan menjadi pengusaha kita akan memiliki kesibukan serta tanggung jawab yang jauh lebih banyak dibandingkan pada saat kita bekerja sebagai karyawan, terutama saat kita baru membangun bisnis dari awal sehingga akan memakan waktu yang cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa alasannya.

Penuh ketidakpastian

Dunia bisnis memiliki ketidakpastian yang tinggi karena selalu terdapat perubahan setiap saat. Hal ini berdampak pada kemampuan pengusaha untuk selalu beradaptasi untuk bisa bertahan ditengah persaingan yang tinggi. Pengusaha harus selalu waspada setiap saat karena perubahan tidak pernah bisa diprediksi kapan akan datang. Seringkali seorang pengusaha tidak bisa tidur dengan tenang karena harus memikirkan bagaimana untuk bertahan hidup di hari esok.

CEO = Chief Everything Officer.

Pada saat baru memulai bisnis, kita akan berperan sebagai direktur, sales, sampai OB. Semua dikerjakan sendiri karena tim yang terbatas sehingga mengharuskan seorang pengusaha untuk memiliki kondisi mental dan fisik yang sangat prima. Bayangkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan selama sehari untuk mengurus semua aktivitas operasional yang sangat banyak.

24 jam online

Kepuasan konsumen adalah yang utama. Saat sebuah bisnis berada di fase yang sedang berkembang dan mulai memiliki pelanggan, maka bersiaplah untuk memiliki notifkasi media sosial dan chat yang luar biasa banyak dalam waktu yang singkat. Ada seorang pebisnis online yang mendapatkan 1000 chat / comments dalam sehari dan harus dibalas semua secepat mungkin, belum lagi menghadapi pelanggan yang komplain. Hal inilah yang menyebabkan kita harus standby 24 jam untuk memuaskan pelanggan.

Melihat beberapa fakta diatas, apakah anda yakin bahwa menjadi pengusaha akan memiliki kebebasan waktu?

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *