Buatlah Komunitas Pelanggan untuk Membangun Kolam!

Buatlah Komunitas Pelanggan untuk Membangun Kolam!

Sabtu, 10 September 2016 Strategi Bisnis Comments
Buatlah Komunitas Pelanggan untuk Membangun Kolam!

Mau produk laku? Jangan lupakan pentingnya promosi! Anda dapat menjual produk tanpa harus berpromosi, namun tentu saja produk Anda kurang dikenal oleh masyarakat lebih luas. Terlebih lagi apabila pesaing mulai gencar melakukan promosi, maka lambat laun bisnis yang Anda jalankan semakin terdesak.

Promosi merupakan suatu upaya untuk menginformasikan, memasarkan dan mempengaruhi orang agar tertarik dan melakukan transaksi berupa pemesanan maupun pembelian. Banyak sekali cara untuk melakukan promosi. Dimulai dari media cetak berupa iklan di koran, banner/spanduk hingga media elektronik seperti beriklan di televisi/radio, internet marketing, menggunakan website dan social media. Hal ini tentu akan terasa percuma apabila Anda tidak memiliki database pelanggan yang potensial sehingga kemungkinan besar tidak akan terjadi repeat order. Maka dari itu, pebisnis harus mulai berpikir bagaimana melakukan promosi dengan membangun komunitas pelanggan. Adapun langkah-langkah untuk melakukan promosi dengan membangun komunitas pelanggan adalah sebagai berikut:

1. Pusatkan fokus pada kebutuhan pelanggan. Mendapatkan pelanggan tidak mudah, maka pelanggan yang sudah ada merupakan aset bagi perusahaan. Pastikan juga komunitas yang Anda buat berdasarkan minat dan kesukaan pelanggan.
2. Buatlah wadah khusus untuk pelanggan Anda, misalnya grup Facebook atau BBM untuk membangun komunitas pelanggan.
3. Bangun interaksi dengan pelanggan Anda. Update informasi secara konsisten yang berguna bagi anggota komunitas. 
4. Kenali dan pelajari lebih jauh tentang karakteristik pelanggan (seperti : demografi, preferensi, dan lifestyle), ketahui keinginan pelanggan, serta carilah informasi tentang ide produk baru yang sesuai dengan kemauan pelanggan Anda. Hal ini dapat memudahkan Anda saat memberikan penawaran-penawaran menarik bagi anggota grup tersebut.  
5. Buat kegiatan atau gerakan yang melibatkan anggota komunitas secara aktif agar muncul ikatan emosional kepada merek Anda. Misalnya membuat sebuah event atau kopdar, memberikan bonus dan promo-promo menarik sehingga memberikan dampak yang besar terhadap penjualan produk Anda.
6. Bangun peraturan yang berlaku bagi semua anggota komunitas yang tentunya disepakati dan dijalankan secara sukarela. 

Komunitas pelanggan tidak hanya berperan sebagai media promosi, namun juga menjadi sarana untuk membangun loyalitas yang bahkan seringkali digunakan sebagai alat riset pasar sebelum perusahaan merilis suatu produk. Komunitas juga sebenarnya bisa menjadi public relation bagi perusahaan yang secara otomatis menjadi media promosi kepada masyarakat lebih luas. Melalui komunitas akan menimbulkan citra merek yang baik, kesadaran akan merek yang tinggi, serta loyalitas atas merek yang kuat.

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *