Harder Better Faster Stronger.

Harder Better Faster Stronger.

Jum'at, 08 Juli 2016 Keuangan Bisnis Comments
Harder Better Faster Stronger.

Siapa yang tahu judul lagu diatas? Mungkin bagi Anda yang kelahirannya berdekatan dengan saya, tahu lagu ini. Yups, band duo yang bernama Daft Punk yang mempopulerkan lagu ini.

Genre disko dengan musik yang dibuat oleh mesin, menjadikannya lagu ini super unik pada jamannya. Apalagi duo ini selalu menggunakan helm saat manggung secara langsung atau video klip.

Saking uniknya, mereka bahkan menampilkan video klip dalam bentuk film anime jepang. Keren dan sangat berbeda daripada yang lain.

Ok, saya tidak mau berpanjang-panjang bahas tentang mereka kali ini. Yang mau saya bahas adalah, bisnis dan kita sebagai pemilik bisnis itu musti Harder, Better, Faster dan Stronger. Ok, mari kita ulik satu persatu.

*Sambil memutar salah satu hits terkenal dari Daft Punk- Aerodynamic.*

1. Harder

Kenapa harder? Semakin keras kita masuk dalam pencobaan (halah, berat amat yak istilahnya?) maka semakin keras juga kita untuk bertahan. Ga percaya? Coba sebutkan kejadian apa yang membuat Anda berubah 180 derajat dari kondisi saat ini menjadi lebih baik. Musti yang lebih baik lah, klo lebih buruk jangan dibahas donk.

Kalau saya, ada suatu titik dimana saya harus membayar gajian plus THR plus bayar tunggakan ke bank beberapa tahun yang lalu. Pusing? Bukan sekedar pusing lagi. Tapi bener-bener waktu itu berjalan sangatlah cepat.

Bayangin aja, piutang ada di customer banyak, tapi customer belum mau bayar karena kondisi ekonominya tidak memungkinkan. Haduh. Sampe saya malu ke kantor. Jadinya saya ke kantor customer saya aja. Ngapain? Ya Nagih! He3.. Malu? Sebodo teuing saat itu. Pokoknya harus masuk. Alhasil? Masuk juga dengan bujuk rupa dan segala macam cara.

Intinya, setelah itu, semua bisnis yang saya jalankan sekarang, penuh dengan persiapan dalam menghadapi worst scenario itu. Keras? Ya dan kita harus bisa bertahan.

2. Better

Better. Selalu menjadi lebih baik. Itulah poin kedua. Kenapa gitu? Karena semua orang berlomba-lomba menjadi lebih baik. Kenapa kita diam saja? Ntar klo diam aja hanyut lho he3.. kidding.

Dibisnis juga begitu. Bisnis kami sekarang tiap minggu kita evaluasi. Tiap bulan dievaluasi. Selalu evaluasi dan mencoba menjadi lebih baik. Lebih baik untuk kita dalam proses operasional. Lebih simpel. Lebih irit dan lebih bisa membantu customer dalam waktu singkat tetapi dengan kualitas yang sama.

Prinsip ini membuat bisnis kami selalu haus akan ilmu. Selalu mencoba, gagal, mencoba lagi dan dijadikan kebiasaan. kalau tidak, pasti banyak competitor yang siap meniru dan siap melewati kita.

So, selalu menjadi lebih baik dalam segala hal.

3. Faster

Faster. Kecepatan membuat pembalap menang. Tidak ada pembalap menang karena finish dibelakang. Cari pacar aja klo kurang cepet keburu diembat sama pesaing kan? curcol wkwkw.

Saat ini bisnis kami selalu ingin bisa memberikan penawaran same day quotation. Kenapa begitu? Karena orang nanya tentang produk dan harga maunya cepet. Tidak mau nunggu seminggu kemudian. Ingin dijawab lebih cepat karena rata-rata sekarang orang inginnya instan.

Bahkan kami pun ingin mencoba membuat jasa pembukuan bagi UKM dengan campaign Same Day Services. Mirip servis mobil bukan? Nah, kecepatan itulah yang akan diingat orang. Cepat bukan berarti jelek ya? Karena kami sudah mempunyai teknik dan solusi supaya output yang dihasilkan cepat tanpa mengorbankan kualitas.

4. Stronger

Stronger. Semakin kuat dalam bertahan dikondisi bisnis apapun. Inilah ujian para pemilik bisnis pada umumnya. Kondisi ekonomi kita tidak bisa memilih. Saat booming, saat lesu, semuanya musti siap. Tim siap, infrastruktur siap, pasar musti siap. So, tidak ada alasan lho, apalagi pemilik bisnis.

Tiap strategi dipikir masak-masak. Tidak ada yang namanya keputusan based on emosi semata. Harus diperhitungkan risiko dan rewards nya. Tiap ujian akan membuat kita kuat. Tetapi tetap membawa Tuhan dalam langkah kita donk. Kekuatan kan dari Yang Mahakuasa juga.

Oke, mungkin sekian dulu untuk sharing saya untuk blog kali ini. Kalau ada yang mau ditanyakan juga, silahkan lho hubungi saya melalui email daru[at]smartcounting.com atau add linkedin saya. Saya senang untuk berbincang tentang bisnis dan bagaimana kami bisa membantu Anda. Jangan lupa di share ya, supaya makin banyak yang dapat learningnya. Anda juga bisa bergabung di FB Group http://bit.ly/GroupBelajarBisnis untuk mendapatkan tips bisnis lainnya.



Regards,

Daru

Related Posts

  • Ada Apa Dengan Buku Anda? Selasa, 17 Mei 2016
  • Anda Kepo Ga Sih dengan Bisnis Sendiri? Rabu, 22 Juni 2016
  • Mau Tahu Cara Akselerasi Bisnismu? Jum'at, 24 Juni 2016
  • Comments. Leave new

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *