Memulai Bisnis dari Seorang Pemilik Bisnis Bernilai 4000 Triliun

Ini Dia Tips Memulai Bisnis dari Seorang Pemilik Bisnis Bernilai 4000 Triliun

Kamis, 01 September 2016 Starting Bisnis Comments
Memulai Bisnis dari Seorang Pemilik Bisnis Bernilai 4000 Triliun

Pagi ini saya menemukan sebuah insight yang kerennn banget dari seorang pemilik bisnis bernilai 4000 Triliun lebih, WOW!!. Ilmu yang dishare memang sudah terbukti dan saya sangat yakin learning ini akan sangat bermanfaat buat teman-teman.

Ngomong-ngomong, gileee ya nilai perusahaan diatas? Ada yang bisa tebak? Itu nama perusahaannya apa? 

Yupp, itu adalah Facebook dan tips keren ini dibagikan oleh sang foundernya yaitu Mark Zuckerberg.

Ini dia beberapa tips kerennya:

1. KESUKSESAN DIMULAI DARI POLA PIKIR SENDIRI
Semua orang yang akhirnya bisa meraih kesuksesan karena dimulai dari pola pikir. Inilah yang namanya mindset. Kalau kita berpikir kita tidak bisa sukses, ya kita tidak akan pernah sukses. Tapi jika kita berpikir kita pasti bisa sukses, maka kita kita punya kesempatan besar untuk bisa meraih kesuksesan. Ujung-ujungnya dimukai dari mindset kita kok. Belajar optimis, belajar berpikir positif, yakin pasti bisa!
Jangan sebentar-sebentar bilang, kalau gagal gimana, kalau bangkrut gimana, kayaknya mustahil deh. Ingat! jangan pesimis dulu. Coba mulai dengan optimis, dengan yakin. Kalau yang lain bisa, kita juga pasti bisa!

2. BELAJAR SECEPAT MUNGKIN, PRAKTEK SESEGERA MUNGKIN.
Ini salah satu poin keren yang disampaikan Mark, beliau bilang salah satu kunci penting kesuksesannya adalah BELAJAR SECEPAT MUNGKIN. Mungkin kalau diterapkan ke kita, kita harus komitmen belajar secepat mungkin, praktek sesegera mungkin. JANGAN DITUNDA!
Contoh simpelnya, kalau ingin jualannya laris manis modal internet, ya harus belajar secepat mungkin dan praktek sesegera mungkin tentang dunia media sosial dan internet marketing. Kalau ingin belajar jualan, ya harus banyak baca buku, ikut workshop dan praktek sesegera mungkin.

Saya setuju dengan poin ini. Karena seringkali kita suka menunda, kita suka bilang entar dulu, nanti aja, kapan-kapan saja. Ujung-ujungnya kita telat belajar, kita tertinggal.

3. MULAI DENGAN MASALAH APA YANG INGIN ANDA SELESAIKAN
Bangun bisnis yang bisa berkembang sukses dimulai dari mencari tahu masalah apa yang ingin kita selesaikan. Seperti awal mulanya Facebook, dulu jejaring sosial ini dimulai di Kampus Harvard karena ingin memberikan solusi dari sebuah masalah koneksi antar mahasiswa. Dari sinilah Facebook terbentuk, dibuat untuk membangun jejaring antar mahasiswa hingga beberapa tahun kemudian Facebook menggurita, digunakan 1 Milyar lebih pengguna, termasuk saya dan Anda hehe.

Sewaktu saya menulis buku Reseller Jago Jualan, itupun dimulai karena ingin menyelesaikan masalah. Banyak UKM dan reseller terkendala saat jualan. Sampai-sampai setelah hampir 4000 buku terjual dalam sebulan, banyak yang request untuk dibuatkan program video mentoringnya. Beberapa hari ini sampai kepikiran ide membuat program Akademi Jago Jualan melalui video mentoring, inpun karena dimulai dari masalah yang ingin diselesaikan. Kuncinya mulai dari problem dan solusi apa yang ingin kita berikan untuk menyelesaikan masalah itu.
 
Nah! Buat rekan-rekan yang sedang merintis bisnis, coba terapkan ketiga hal diatas. Mulai dari miliki mindset pola pikir yang benar, belajar dan praktek sesegera mungkin dan cari tahu masalah apa yang ingin Anda selesaikan.

Ingat! Kata Om Zuckerberg, belajar SECEPAT MUNGKIN, praktek SESEGERA MUNGKIN. JANGAN TUNDA!

Jangan lupa dishare ya untuk teman-teman yang lagi merintis bisnis. Untuk materi bisnis lainnya, Anda juga dapat mengikuti forum bisnis di FB Group Http://bit.ly/GroupBelajarBisnis. Maju terus teman-teman UKM!  



Hermas Puspito
Founder Webpraktis & Kelas Pengusaha

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *