Marketing Lewat Tulisan

Marketing Lewat Tulisan

Jum'at, 12 Agustus 2016 Marketing Comments
Marketing Lewat Tulisan

Iya, itu yang baru-baru ini saya jalankan untuk smartcounting. Sebenarnya tidak baru-baru juga sih, setelah ditilik kebelankang, ternyata sudah cukup lama saya melakukan hal ini he3

Kenapa marketing lewat tulisan? Pertanyaan bagus. Sebetulnya, ide ini dicetuskan oleh salah seorang mentor, kawan dan teman seperjuangan saya, Mas Hermas. Beliau sering berbagi (bahkan hobinya berbagi) kepada pelaku usaha, terutama usaha kecil dan startups (pengusaha yang baru memulai usaha).

Hermas, begitu saya panggil, membagi pengalamannya kepada saya. Mas, kenapa nda ikutan nulis saja tentang apa yang mas coba tawarkan? Ungkapnya. Setelah saya pikir-pikir, bener juga ya. Toh keseharian saya sekarang sudah dibantu oleh tim di kantor, kenapa saya tidak menulis saja?.

Sejak ide itu tercetus, saya mulai membiasakan diri menulis. Marketing lewat tulisan. Yap, saya sebenernya me-marketing-kan diri saya sendiri. Siapa itu Purwandaru. Siapa itu Smartcounting. Siapa itu Sun Artha. Dan apa yang kami bisa bantu ke para pemilik usaha.

Pada awalnya terasa berat. Pasti! Mana ada di awal langsung ringan he3 karena membentuk kebiasaan, melawan diri sendiri dan melawan kemalasan. Namun, setelah dijalani, satu tulisan demi tulisan, bisa mengalir aja sih kata-katanya.

Terkadang tulisan bisa bertopik atas apa yang saya suka (untuk blog purwandaru.com) seperti startups, tren teknologi kedepan dan perkembangan keuangan. Topik-topik yang terbilang aneh bin ajaib sih he3.. secara saya lulusan pertanian IPB. Tapi ya itu, karena saya suka, saya tulis aja.

Tips bagi teman-teman yang mau mencoba menulis untuk me-marketing-kan diri sendiri (istilah bahasa jawanya Personal Branding) dan bisnisnya, mulailah dengan yang teman-teman suka untuk pilihan topiknya. Kemudian tips kedua, usahakan menulis rutin. Rutin dengan pilihan waktu yang disukai. Klo saya biasanya suka menulis dipagi hari sebelum ngantor, atau malam setelah di rumah sebelum istirahat.

Kemudian, jangan mudah mengedit kata-kata yang sudah kita tulis. Biasanya, kan kita mudah banget tuh untuk merevisi kata-kata yang sudah kita tulis, klo saya biar mengalir aja. Harapan saya, sanggup minta tolong editor freelance untuk mengecek hasil karya saya.

Nah, dengan rajin menulis, banyak yang akan kenal dengan Anda. Apalagi kalau ada budget berlebih, bisa pilih nama domain sendiri dan klo ada budget lagi bisa jadi member premium di linkedin (ciamik dah hasilnya).

Ok, sekian dulu sharing mengenai Marketing melalui Tulisan. Harapan saya, banyak business owner yang akhirnya bisa menulis untuk bisnis dan dirinya. Pasti konten dan pengalaman bisnisnya banyak dijadikan pelajaran bagi rekan-rekan pebisnis lainnya. Learn from anybody.

Jangan lupa di share ya, supaya makin banyak yang dapat ilmunya. Anda juga dapat mengikuti forum bisnis di FB Group Http://bit.ly/GroupBelajarBisnis. Maju terus teman-teman UKM! 


Purwandaru
Founder SmartCounting
Specializes in financial, accounting and management consulting

Related Posts

  • Bagaimana Membangun Sebuah Brand Selasa, 17 Mei 2016
  • Judul Promo Yang Terbukti Ampuh untuk Meningkatkan Omzet Anda Kamis, 16 Juni 2016
  • Marketing Lewat Tulisan Jum'at, 12 Agustus 2016
  • Comments. Leave new

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *