Mau Tahu Cara Akselerasi Bisnismu?

Mau Tahu Cara Akselerasi Bisnismu?

Jum'at, 24 Juni 2016 Keuangan Bisnis Comments
akselerasi bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis, pasti mempunyai cita-cita dan harapan. Ada yang ingin mencapai kebebasan finansial. Ada juga yang ingin mempunyai waktu yang lebih banyak untuk keluarganya. Semuanya itu baik dan sangatlah ideal, namanya juga cita-cita, bukan?

Tetapi seiring berjalannya waktu, dalam mengelola bisnis tidaklah semudah memakan kue cubit yang hangat disajikan oleh penjualnya (hadueh, puasa-puasa kok ngomongin kue cubit Mas, dicubit beneran lho ntar hehe peace yo).

Menjalankan bisnis dan mengakselerasi (mempercepat) merupakah hal yang penuh dengan pemikiran, determinasi dan keahlian. Yup, keahlian yang harus selalu diasah, dipelajari dan ditekuni. Kalau tidak tekun, gimana mau bisnisnya maju?

Ok, saya coba sharing tips beberapa cara, dari pengalaman saya dan pengalaman pebisnis yang sudah lebih dahulu sukses untuk mengakselerasi bisnis Anda:

1. Tentukan arah yang jelas dan terukur

Kalau kita ingin melakukan perjalanan, biasanya kita sudah menentukan tujuan bukan. Contoh mau ke daerah Bogor. Tetapi tidaklah cukup untuk mengatakan saya mau ke Bogor. Bogor itu luas. Jadi apa yang benar? Saya mau ke Botani Square Mall contohnya. Lebih jelas dan lebih terukur. Misalnya lagi ke Botani Square Mall dan saya mau nonton di XXI Jam 14.00.

Semakin jelas arah dan kejelasan tujuan kita. Membuat otak dan diri kita lebih mudah melakukan adaptasi. Hal yang sama berlaku dengan arah bisnis. Misalkan mau menuju omset 1 milyar per bulan. Atau mau profit 100 juta per bulan.

2. Selalu ukur dan evaluasi strategi dan cara kerja kita

Inilah hal yang sulit. Sudah menentukan tujuan. Tetapi mengukur cara kerja dan strategi itu merupakan salah satu cara yang menyakitkan. Kenapa tidak? Strategi yang kadang kita asumsikan berhasil dengan suksesnya, eh malah melempem seperti kerupuk yang sudah seminggu ga laku kejual (curcol dulu pernah jualan kerupuk).

Malunya lagi kita musti akui itu di depan tim kerja kita pula. Sudah keluar duit banyak, gagal total lagi strateginya. Namun kita jangan minder dan mencoba lari dari tanggungjawab donk. Life must go on and business must grow. Kegagalan di satu strategi tidak berarti hidup dan bisnis kita habis kan? Kecuali semua sumber daya kita alokasikan ke strategi yang kita percaya tadi.

Selain itu, sebagai alat ukur (kalau meteran kan dipake buat ukur luasan ya) Laporan keuangan itu musti! (Bahkan kudu dan wajib hukumnya). Kita tidak bisa menjalankan bisnis seperti jalanin hidup jomblo yang mengalir gitu aja. Ikan mati juga hidupnya ikuti aliran air.

Laporan keuangan itu kalau saya sukanya menganalogikan dashboard mobil/motor. Kita tahu kapan harus ngebut. Kapan harus break dulu karena bensin habis dsb. Jadi disitu kita tidak jalanin bisnis semau gw dan sebodo amat gw. Lah yang punya juga emang bodo kalau gitu wkwkw..

3. Pilih strategi yang tepat dengan eksekusi yang cermat

Nah, setelah ketemu strategi yang tepat hasil ukuran yang tadi. Jangan lupa eksekusinya pakai cermat ya. Banyak sekali usaha yang jalan ditempat karena ownernya tidak pintar dalam eksekusi.

Banyak yang jago eksekusi meskipun strateginya terkesan biasa aja malahan bisa meninggalkan owner bisnis yang kerjaannya cuma buat strategi aja. Diperlukan tim yang solid, terarah dan determinan disini.

Minimal dengan ngelakuin 3 tips diatas, bisnis kita pasti tambah cepet pertumbuhannya. kalau istilahnya tanaman itu, ini adalah pupuk, benih yang bagus dan perlakuan yang baik selama prosesnya.

So, kira-kira masih ada masukan lain tidak dari temen-temen sekalian? Sekarang kalau ditanya, Mau tahu cara akselerasi bisnismu? Bisa dijawab Saya sudah tahu donk.


Purwandaru
Founder SmartCounting
Specializes in financial, accounting and management consulting

Related Posts

  • Ada Apa Dengan Buku Anda? Selasa, 17 Mei 2016
  • Anda Kepo Ga Sih dengan Bisnis Sendiri? Rabu, 22 Juni 2016
  • Mau Tahu Cara Akselerasi Bisnismu? Jum'at, 24 Juni 2016
  • Comments. Leave new

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *