Memanfaatkan Peluang Bisnis Menjelang Hari Raya Lebaran

Memanfaatkan Peluang Bisnis Menjelang Hari Raya Lebaran

Rabu, 06 Juli 2016 Peluang Bisnis Comments
bisnis lebaran

Menjelang hari raya lebaran, permintaan terhadap produk konsumsi semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan melonjaknya pembelian terhadap sesuatu yang serba baru. Contohnya yaitu baju baru, sandal baru, hijab baru, mukena baru, dan lain-lain. Tidak hanya itu, kebutuhan akan berbagai macam bahan makanan juga menjadi peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan dengan baik.

Hari raya lebaran merupakan momentum untuk berkumpul bersama keluarga. Banyak dari perantau yang kembali ke daerah asalnya untuk menyambut hari kebahagiaan tersebut. Tradisi mudik lebaran ini tentu juga memerlukan banyak keperluan yang dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis menjelang hari raya lebaran. Nah, berikut ini beberapa cara untuk memanfaatkan peluang bisnis menjelang hari raya lebaran:

1. Menjual kue kering dan parcel lebaran. Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis ini ketika menjelang Hari Raya. Selain untuk dikonsumsi pribadi dan disajikan pada meja tamu, kebanyakan masyarakat juga memesan kue kering atau parcel untuk dikirimkan ke sanak saudara dan kerabat. Sediakan tester yang bisa dicicipi untuk memudahkan teman-teman Anda memilih pesanan kue kering yang Anda jual. Jangan lupa untuk membuat kemasan yang cantik dan menarik.

2. Menjual aneka baju muslim. Banyaknya pesanan baju muslim juga merupakan tradisi masyarakat Indonesia menjelang hari raya. Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis ini dengan menyesuaikan trend yang sedang banyak diminati masyarakat.

3. Menyediakan jasa penyewaan mobil. Hari raya lebaran merupakan momentum dimana masyarakat saling bersilaturahmi dan mengunjungi sanak saudara. Pentingnya kendaraan untuk berkunjung dari tempat satu ke tempat lainnya membuat jasa penyewaan mobil banyak diminati masyarakat. Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis ini menjelang hari raya lebaran.

4. Menyediakan jasa penitipan kendaraan. Jasa penitipan kendaraan juga banyak diminati masyarakat terutama bagi perantau yang akan pulang ke daerah asalnya. Banyaknya pemudik yang pulang ke daerah asal dengan menggunakan bus, kereta, kapal maupun pesawat tentu akan menitipkan kendaraannya yang biasa dipakai sehari-hari kepada jasa penitipan kendaraan yang terpercaya. Bisnis ini termasuk bisnis yang paling menguntungkan karena Anda hanya sekadar menyediakan lahan parkir saja. Keuntungan yang didapat pun hasilnya lumayan karena tarif parkir dalam satu hari dapat Anda akumulasikan dengan berapa hari pelanggan menitipkan kendaraannya. Namun Anda harus tetap waspada dalam menjaga kendaraan yang dititipkan tersebut.

5. Menyediakan jasa penitipan hewan. Mengurus hewan memang agak merepotkan, terlebih lagi apabila si pemilik hewan ingin bepergian dalam menyambut hari raya. Solusi terbaik yang akan mereka pilih yaitu menitipkan hewan peliharaannya kepada jasa penitipan hewan yang diakui keunggulannya dalam merawat hewan. Anda harus pandai dalam menjalankan bisnis ini sehingga jasa penitipan hewan yang Anda memiliki tentu akan ramai oleh pengunjung yang hendak menitipkan hewan kesayangannya.

Memanfaatkan peluang bisnis menjelang hari raya lebaran akan sangat sulit dilakukan apabila aktivitas promosi Anda hanya sekadar membuka toko dan memasang banner di depan toko saja. Promosikanlah produk dan jasa Anda secara luas dengan memberikan penawaran melalui Broadcast BBM, berpromosi via Facebook, Twitter dan Instagram, maupun dengan membuat website atau toko online agar produk dan jasa yang Anda tawarkan lebih dipercaya dan memiliki kredibilitas. Pentingnya meningkatkan kredibilitas bagi pebisnis online merupakan hal utama untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya. 


Sekian sharingnya, semoga bermanfaat :)
Jangan lupa di share ya, supaya makin banyak yang dapat learningnya. Anda juga bisa bergabung di FB Group http://bit.ly/GroupBelajarBisnis untuk mendapatkan tips bisnis lainnya.

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *