Memulai Bisnis dari Gerobakan!!

Percaya Ga? Saya Memulai Bisnis dari Gerobakan!!

Minggu, 04 September 2016 Starting Bisnis Comments
Memulai Bisnis dari Gerobakan!!

Entah kenapa saya ingin sharing tentang cerita bagaimana saya memulai bisnis gara-gara postingan di akun pribadi saya. Di postingan tadi pagi di akun pribadi, saya bilang, banyak perusahaan besar itu dulunya dari UKM kecil, dari usaha kecil. 

Disana saya mendorong teman-teman untuk optimis, mungkin sekarang bisnisnya masih kecil, masih recehan, masih belum menghasilkan, masih sendirian, Ingat! Dulunya pebisnis besar seperti Bill Gates, Larry page, Alm Bob Sadino, Kolonel Sanders awalnya juga usaha kecil.

Jangan malu untuk mengawali bisnis meski masih kecil. Saya mau cerita ketika 4 tahunan yang lalu, bisnis saya di Ednovate itu cikal bakalnya dari Gerobakan lho. Ga ada yang tahukan saya dulu yang kipas-kipas ayam bakar, ngangkut arang, mencoba meramu mie ayam meski ga enak hehe. Banyak teman-teman waktu di kantor saya dan dikampus geleng-geleng udah enak-enak kerja malah resign bisnis beginian. Saya juga bingung juga sih, kenapa mau aja kemakan motivator untuk langsung resign haha.

Tapi saya yakin, bisnis yang besar dimulai dari usaha kecil-kecilan, saya percaya banget ini. Saya pun belajar apa itu namanya proses, sukses itu ga bisa instan, ingat sukses dalam bisnis itu ga bisa datang dalam semalam, butuh perjuangan hari demi hari. 

Sekarang saya fokus mengembangkan PT. Ednovate Indonesia, meski awalnya dari gerobakan, saya punya impian usaha yang saya rintis ini bisa besar dan menaungi karyawan yang banyak dan ribuan reseller. Saya hanya belajar percaya, optimis dan ga menyerah ditengah jalan.

Sekarang bisnis Ednovate menaungi 25 karyawan, 700 reseller dan beberapa divisi produk, salah satunya Webpraktis (web instan), Ednostore (produk edukasi), Consumer Retail. Saya punya impian dan harapan, bisnis yang kami rintis bisa terus membesar sehingga makin bermanfaat untuk orang banyak.

Pagi ini, TIM BOD (Board of Director) baru saja meeting, kami membahas arah bisnis kedepan, salah satu coretan idenya adalah membangun lebih dari 10,000 reseller dalam 3 tahun dengan menaungi lebih dari 1000 produk. Membuat sistem lebih baik untuk pembinaan reseller dengan Program Akademi Jago Jualan untuk Reseller.

Memberikan ribuan pilihan produk untuk reseller sehingga tim penjualan punya banyak pilihan. Saya dan tim menyelesaikan meeting dengan membuat target timeline kapan kondisi ini harus segera tercapai. Kapan memulai membina reseller baru. Supaya ga hanya fokus kejar income tapi juga dibina supaya bisa jualan.

Meetingnya seru, meetingnya membuat geregetan untuk segera praktek. Tapi saya mau angkat beberapa hal penting untuk bisa kita pelajari bersama:

1. Bisnis besar dimulai dari usaha yang kecil, jangan diremehkan, jangan pesimis. Belajar percaya suatu saat pasti menjadi besar jika tidak menyerah.

2. Bisnis itu butuh proses, kita ga pernah tahu kadang omzet gede, kadang kecil, kadang untung gede, kadang defisit. Tapi yakin, proses itu akan menolong kita jadi pengusaha yang tangguh

3. Sewaktu saya membangun Ednovate, saya pegang satu impian, saya harus melibatkan banyak orang melalui reseller biar manfaatnya makin dirasakan lebih banyak orang. Pelajaran berharganya adalah, waktu bangun bisnis, apa impianmu?

4. Sudah buat target yang jelas, spesifik, pakai angka dan periode. Ini penting biar bisnis ga Cuma lari ditempat, tapi tahu arah tujuannya mau kemana.

5. Saya bersama tim bisa membangun bisnis karena kami belajar. Hampir setiap hari kami belajar. Jangan sok ga butuh seminar, buku, ga butuh belajar. Pebisnis sukses saja masih belajar, saya saja masih belajar. Kemarin abis ikut training harganya diatas 10 juta. Gile kan. Saya yakin praktek kita bakal makin gila hasilnya jika kita mau investasi leher keatas (upgrade ilmu)

6. Kalau sudah belajar, selanjutnya adalah praktek. Kalo di buku saya yang kedua di Buku Reseller Jago Jualan saya bilang. Belajar harus secepat mungkin, praktek harus sesegera mungkin. Ingat! Belajar baru bisa menghasilkan jika dipraktekkan.

7. Impian itu perlu ditulis, target itu perlu ditulis. Kalau Cuma dipikiran doang pasti cepet lupa, apalagi Cuma diawang-awang doank. Gampang banget lupanya gara-gara urusan jemuran keujanan hehe. Iya kan. Nah. Sekarang saya mau ajak teman-teman, tulis impiannya di kolom comment ya.

Yuk tulis apa impian Anda di blocknote masing-masing. Ingat bisnis yang besar dimulai dari usaha kecil dengan impian yang nyata.


Jangan lupa dishare ya untuk teman-teman yang lagi merintis bisnis. Untuk materi bisnis lainnya, Anda juga dapat mengikuti forum bisnis di FB Group Http://bit.ly/GroupBelajarBisnis. Maju terus teman-teman UKM!  



Hermas Puspito
Founder Webpraktis & Kelas Pengusaha

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *