Saat Ideal Memulai Bisnis adalah Selagi Anda Muda

Saat Ideal Memulai Bisnis adalah Selagi Anda Muda

Selasa, 13 September 2016 Starting Bisnis Comments
Saat Ideal Memulai Bisnis adalah Selagi Anda Muda

Memulai sebuah bisnis dibutuhkan keberanian. Banyak orang yang tidak mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Jika Anda kebingungan menentukan momen yang tepat untuk memulai bisnis, tak ada salahnya mempertimbangkan masa muda sebagai awal berbisnis. 

Yang jadi pertanyaan adalah, mengapa masa muda merupakan waktu yang ideal untuk memulai bisnis?

Waktu terbaik untuk memulai berbisnis ialah saat Anda masih belia. Makin muda, makin bagus. Meski agak mustahil bagi anak-anak untuk mendirikan bisnis sendiri, setidaknya mereka diperkenalkan dengan prinsip-prinsip positif dari dunia entrepreneurship dan bisnis melalui dunia permainan yang menyenangkan.

Bagi remaja atau dewasa muda, memulai bisnis adalah suatu tantangan yang bisa menjawab kehausan akan prestasi dan pembuktian diri kepada orang-orang terdekat dan lingkungan Anda bahwa Anda bisa mandiri dan berkontribusi secara positif pada perbaikan kualitas hidup manusia meski dalam skala yang relatif kecil.

Masa muda ialah gabungan ketidaktahuan dan kepolosan yang sempurna. Keputusan-keputusan bodoh dan reaktif bisa dianggap sebagai sarana untuk menimba pengalaman. Jarang sekali orang akan mencela secara berlebihan seorang entrepreneur muda yang melakukan kesalahan. Kesalahan itu bisa dimaklumi karena minimnya pengalaman. Setidaknya, Anda sudah menghabiskan waktu dan tenaga untuk sesuatu yang bermanfaat tak hanya bagi diri sendiri tetapi juga orang lain di sekitar Anda. Mungkin akan ada kerugian yang harus ditanggung, tetapi itulah sisi kelam entrepreneurship yang harus dihayati agar makin waspada dan cerdas di masa datang.

Blogger tersohor Michael Arrington mengingat sebuah percakapan dengan venture capitalist tahun lalu, Entrepreneur itu seperti pemain bola basket profesional. Mereka biasanya berada di puncak saat usia 25 tahun, saat memasuki usia 30 tahun mereka akan meredup.

Kita mungkin kurang setuju dengan pernyataan Arrington di atas. Namun, ada benarnya juga bahwa seseorang yang muda, kreatif, dan bersemangat dalam setiap langkahnya akan lebih mudah untuk mendedikasikan kehidupannya dalam pendirian sebuah bisnis.

Banyak entrepreneur sukses yang dahulu saat muda mendirikan bisnis dengan hanya berbekal waktu dan passion yang tinggi. Keduanya merupakan modal utama yang bisa difokuskan untuk menghasilkan uang, atau bersenang-senang menikmati masa muda.

Tetapi dengan memulai sebuah bisnis di usia muda, sebenarnya kita bisa mendapatkan kedua tujuan itu (hasilkan uang dan bersenang-senang) sekaligus. Sebagian entrepreneur menemukan jodohnya saat mereka sibuk mendirikan bisnis pertamanya.

Jarang kita temui seorang entrepreneur yang berkata dengan sedih, Saya menyesal sudah memulai sedemikian muda dahulu. Dunia ini penuh dengan penyesalan dan salah satu penyesalan terbesar yang dimiliki oleh seorang entrepreneur ialah karena mereka tidak memulai lebih awal. 

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *