Satu Teknik Jualan yang Wajib Dikuasai oleh Pebisnis

Satu Teknik Jualan yang Wajib Dikuasai oleh Pebisnis

Senin, 04 Juli 2016 Selling Comments
Satu Teknik Jualan yang Wajib Dikuasai oleh Pebisnis

Ini dia satu teknik yang wajib Anda kuasai sebagai pebisnis untuk meningkatkan penjualan. Apa itu tekniknya? jreng jrenggg... Teknik tersebut namanya adalah Teknik Closing. Ohiya materi ini salah satunya saya ambil dari video 11 Teknik Closing di program Kelas Pengusaha.

Okee, sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang teknik closing, saya akan mengajak Anda melihat beberapa kondisi dibawah ini. Apakah Anda pernah mengalaminya?
Sudah berjualan pakai banyak cara tapi hanya menghasilkan sedikit
Sudah promosi di berbagai acara tapi minim omzet
Sudah jualan kemana-mana tapi penjualan segitu-gitu aja
Sudah banyak reply chat tapi ujung-ujungnya ga beli. Sampai ada istilah CLBK. Chat Lama Beli Kagak hehe.

Mungkin ketika Anda menawarkan produk ke konsumen, responnya seperti ini:
Nanti dulu ya!
Maaf, saya belum butuh
Saya pikir-pikir dulu ya!
Atau cuma di read tapi tidak direspon hehe

Nah, bagi Anda yang sering mengalami hal ini, disinilah pentingnya teknik Closing. Lalu apa itu sebenarnya teknik closing? 
Teknik closing adalah teknik penjualan yang bisa Anda lakukan dengan tujuan agar segera terjadi transaksi. Agar konsumen segera melakukan pembayaran. Dari sinilah penjualan terjadi, dari sinilah pemasukan dari penjualan langsung masuk ke rekening.

Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan agar jualan Anda laris dengan teknik closing? Mari Anda simak beberapa contoh berikut ini:

TEKNIK CLOSING: PENAWARAN TERBATAS
Teknik ini bisa dilakukan dengan cara memberikan informasi bahwa produk yang Anda jual dengan promo hanya tersedia terbatas. Tujuan dari teknik ini agar calon pembeli bergegas untuk segera melakukan pembayaran. Seringkali yang membuat calon pembeli tidak segera melakukan pembayaran karena Anda tidak menginformasikan bahwa promosi yang Anda tawarkan terbatas. Penekanan yang perlu diperhatikan dari teknik ini adalah Anda perlu konsisten bahwa produk yang Anda tawarkan dengan harga promosi memang terbatas.

Contoh: Promo ini hanya tersedia untuk 100 pembeli tercepat

TEKNIK CLOSING: BERIKAN DISKON
Teknik ini cukup familiar dikalangan pebisnis yaitu teknik diskon atau potongan harga. Teknik ini bisa dilakukan untuk mendorong calon pembeli segera melakukan transaksi. Dalam penerapan diskon kita perlu memastikan bahwa diskon jangan sampai membuat kita rugi. Jadi Anda perlu menghitung dengan benar margin keuntungannya.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan, strategi diskon perlu kita terapkan dengan bijak. Sebab mau bagaimanapun diskon akan mengurangi nilai keuntungan kita (profit). Sehingga kita bisa menerapkan teknik diskon dengan kondisi-kondisi seperti dibawah ini:

TEKNIK CLOSING: PERIODE PROMO TERBATAS
Anda perlu menginformasikan bahwa promo yang Anda lakukan memiliki periode terbatas. Tujuannya agar konsumen tidak menunda pembelian produk. Teknik ini perlu diinformasikan di setiap materi promo Anda sehingga periodenya jelas dan konsumen punya perkiraan kapan harus segera melakukan transaksi.

Mengenai seberapa lama periode yang bisa diterapkan itu tergantung dari promonya. Anda bisa menerapkan periode promo selama 7 hari atau 30 hari penuh. Tergantung dari promo yang akan Anda lakukan. Bahkan Anda bisa juga menerapkan promo yang hanya berlaku 1 hari atau trennya sekarang Flash Sale.

TEKNIK CLOSING: PENAWARAN GRATIS
Penawaran gratis bisa menjadi salah satu teknik untuk mempercepat closing. Pada dasarnya konsumen suka diberi penawaran gratis, saya Anda pun juga suka bonus hehe. Teknik penawaran ini bisa berbagai macam contoh dan jenisnya.

Beberapa contoh ide penawaran GRATIS yang bisa Anda tawarkan ke konsumen.
- GRATIS ongkos kirim (misalnya untuk toko online)
- GRATIS layanan servis mesin 3 tahun (misalnya
- GRATIS konsultasi (misalnya usaha klinik kecantikan) 
- GRATIS minum (misalnya bisnis kuliner)
- GRATIS produk pelengkap (misalnya beli mobil gratis bensin 1000 liter)

Ada banyak ide cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendorong konsumen segera closing. Pada saat penerapannya, jangan lupa untuk menginformasikan penawaran gratis ini hanya diberikan kepada konsumen yang langsung melakukan transaksi saat itu, sehingga langsung terjadi closing!

Selain beberapa contoh diatas, ada beberapa teknik jualan lain yang bisa Anda pelajari, Anda bisa download Ebook yang saya buat ini, yaitu 41 Teknik Jualan Laris. Disini Anda bisa memperoleh teknik jualan lain yang ga kalah serunya.

Silakan download disini > www.jualanlaris.com

Sekian sharingnya, semoga bermanfaat :)
Jangan lupa di share ya, supaya makin banyak yang dapat learningnya. Anda juga bisa bergabung di FB Group http://bit.ly/GroupBelajarBisnis untuk mendapatkan tips bisnis lainnya.


Hermas Puspito
Founder Kelaspengusaha & Webpraktis

Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *