Strategi Meningkatkan Penjualan Saat Musim Liburan

Strategi Meningkatkan Penjualan Saat Musim Liburan

Minggu, 10 Juli 2016 Strategi Bisnis Comments
Strategi Meningkatkan Penjualan Saat Musim Liburan

Musim liburan tentunya merupakan hal yang paling dinanti oleh semua orang baik karyawan maupun anak sekolah. Jangankan libur panjang, terdapat tanggal merah sebelum atau setelah akhir pekan saja sudah membuat beberapa dari Anda memesan tiket perjalanan atau telah berencana untuk menghabiskan libur akhir pekan dengan berbelanja di mall.

Sayangnya, tak semua pebisnis yang menyadari betapa pentingnya strategi untuk meningkatkan penjualan saat musim liburan. Banyak pebisnis yang beranggapan bahwa musim liburan justru menurunkan penjualannya karena sebagian orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu di luar dan berbelanja secara offline. Siapa bilang? Beberapa orang justru lebih senang menghabiskan hari libur di rumah sambil beristirahat dan memainkan ponsel hanya untuk sekedar melihat timeline dan browsing. Untuk itu, mari ketahui strategi meningkatkan penjualan saat musim liburan berikut ini:

1. Buatlah strategi promosi dan penjualan yang terstruktur. Meningkatkan penjualan di musim liburan dapat diawali dengan strategi yang ingin Anda gunakan. Susun secara rapi strategi  Anda mulai dari judul promosi, apa saja yang akan dipromosikan, berapa besar potongan harga dan bonus yang akan diberikan, batas akhir promosi hingga berapa besar target penjualan. Strategi promosi dan penjualan yang matang akan membuat Anda lebih siap untuk meningkatkan penjualan saat musim liburan.

2. Kembangkan strategi Anda dengan membuat desain promosi yang menarik. Belakangan ini, orang-orang lebih tertarik untuk melihat sebuah gambar dengan headline yang menggugah dan terdapat informasi yang jelas dibandingkan harus membaca sebuah artikel promosi yang begitu panjang. Untuk itu, mulailah untuk menyiapkan foto dan desain paling menarik untuk meningkatkan penjualan di musim liburan. Tak hanya promosi musim liburan, keterampilan di bidang desain juga dapat Anda gunakan untuk promosi lainnya.

3. Jangan lupa untuk mengganti profile picture di semua channel social media yang Anda miliki. Viralnya social media membuat para pebisnis online perlu melakukan update se-sering mungkin untuk menjangkau banyak calon pembeli. Anda dapat mengubah profile picture dengan desain promosi yang baru saja Anda buat. Selain itu, jangan lupa untuk mengunggah foto-foto produk yang ingin dipromosikan dan berikan batasan waktu dan jumlah pembeli setiap harinya. Hal tersebut akan semakin menarik calon pembeli untuk segera melunasi pesanannya.

4. Bagikan informasi, tips dan cerita liburan yang menarik bagi follower Anda. Perhatikan trending topics yang sedang berlangsung di lini masa social media Anda kemudian buatlah konten yang diinginkan oleh follower Anda. Anda juga dapat melemparkan pertanyaan atau meminta feedback dari mereka. Contohnya, tanyakan apakah mereka sedang berlibur ke suatu tempat yang eksotis atau hanya menghabiskan waktu liburannya di rumah saja.

5. Adakan kontes atau bagikan giveaway. Orang-orang suka dengan tantangan untuk mendapatkan hadiah. Anda dapat membuat sebuah kuis atau tantangan lain dengan hadiah yang menarik. Setelah mendapatkan pemenang kontes, Anda dapat melanjutkannya dengan memberikan penawaran promo musim liburan yang telah Anda siapkan kepada follower Anda yang kurang beruntung untuk memenangkan kontes. Buatlah penawaran yang menghibur agar mereka tertarik untuk mengikuti promo musim liburan yang sedang Anda jalankan.

6. Buatlah sebuah kegiatan sosial atau charity event. Mengikuti kegiatan sosial lebih banyak diminati orang-orang dibandingkan hanya menghabiskan uang untuk berbelanja. Anda dapat menawarkan promo yang dilatarbelakangi oleh kegiatan sosial. Buatlah promo yang menawarkan setiap pembelian suatu produk, pembeli berarti telah berkontribusi dalam kegiatan kemanusiaan. Buat headline menarik seperti, "Beli Produk A Dapat 1 Bibit Pohon", atau "Dengan Beli Produk B Anda Telah Turut Menyumbang Pembangunan MCK di Desa C" atau sejenisnya. Selain dapat meningkatkan penjualan di musim liburan, Anda dan para pembeli pun turut melaksanakan kegiatan yang positif dan bermanfaat.

7. Utamakan kepuasan pelanggan. Testimoni pelanggan merupakan hal yang utama bagi kredibilitas bisnis Anda. Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan Anda.

Selain menerapkan strategi meningkatkan penjualan saat musim liburan, Anda juga harus mampu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang akan bertambah apabila promo yang Anda jalankan menunjukkan keberhasilan. Selanjutnya, Anda juga dapat bersiap untuk menyelenggarakan promo-promo di hari libur lainnya untuk tetap meningkatkan penjualan Anda. Manfaatkan hari libur seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, Hari Valentine, Imlek maupun Kemerdekaan sebagai sarana meningkatkan penjualan di musim liburan. 

Jangan lupa di share ya, supaya makin banyak yang dapat learningnya. Anda juga bisa bergabung di FB Group http://bit.ly/GroupBelajarBisnis untuk mendapatkan tips bisnis lainnya. Maju terus teman-teman UKM!


Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *